Cara Kerja Pemanas Air Matahari Tenaga Surya

Matahari merupakan sumber energi yang telah disediakan oleh alam semesta, secara continue manusia terus mempelajari untuk mengambil manfaat dari sinar matahari ini, salah satunya pengembangan teknologi pemanas air matahari yang menggunakan kekuatan tenaga surya sebagai sumber intinya. Berdasarkan pada fenomena alam bahwa jika air ditambung pada suatu tempat/wadah lalu dibiarkan terkena sinar mentari (dijemur) maka akan terjadi proses heating (pemanasan) dari suhu awal air yang semula dingin berubah menjadi panas, fenomena seperti inilah yang menjadi acuan dasar teknologi dalam membuat pemanas air.

Cara Kerja

Secara sederhana prinsip cara kerja pemanas air tenaga surya secara sederhana adalah seperti yang telah digambarkan diatas baru kemudian dikembangkan lagi secara modern dan lebih canggih. Para ahli kemudian menambahkan alat kolektor dari pelat datar terbuat dari pelat logam berwarna hitam yang dipasang pada sebuah pipa logam berfungsi sebagai heater yang akan menyerap radiasi dari sinar matahari. Kolektor yang sudah dilengkapi penutup kaca dipasang pada sebuah tangki/tabung tempat menampung air panas sehingga dalam cuaca mendung ataupun malam hari/hujan maka alat ini yang akan bekerja untuk memanaskan air.

Pada umumnya pemanas air wika matahari diletakkan pada atap rumah atau di bagian yang lebih tinggi hal ini bertujuan supaya kolektor logam bisa berfungsi secara baik dan sempurna untuk mengalirkan suhu panas yang dihasilkan oleh radiasi matahari ke dalam tanki penyimpanan air melalui sirkulasi pipa. Demikian seterusnya logam kolektor bertugas untuk mentransfer hawa panas hasil radiasi melalui pipa untuk memanaskan suhu air pada tangki.
Berikut adalah beberapa elemen dan istilah yang perlu anda ketahui untuk alat pemanas air wika tenaga surya antara lain :
  • Kolektor batch
  • Kolektor pelat datar
  • Evacuated tube collector
  • Sistem sirkulasi langsung
  • Sistem sirkulasi tidak langsung
  • Panel kolektor
  • Tangki penyimpan air panas
  • Pressuries tank system
  • Backup pemanas cadangan
ilustrasi cara kerja pemanas air matahari tenaga surya
prinsip cara kerja

Beberapa istilah dan elemen diatas biasanya terdapat pada wika solar heater, bagi yang sudah memilikinya tentu sudah tidak asing lagi dengan nama elemen dan istilah tersebut diatas